English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Minggu, 01 Januari 2012

16 FAEDAH PERNIKAHAN

Menikah memiliki banyak banyak sekali baik yang bersifat diniah, duniawiah, kemasyarakatan maupun dibidang kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Menjalankan perintah Alloh dan Rosul-Nya yang mana hal itu merupakan puncak kebahagiaan  seorang hamba di dunia dan akhirat.
2. Mengikuti sunnah Rosul yang mana kita diperintahkan untuk mengikuti dan meneladani mereka.
3. Tersalurkannya syahwat, terwujudnya ketenangan jiwa dan kebahagiaan hati.
4. Menjaga kemaluan, melindungi harga diri dan kehormatan, menundukkan pandangan serta jauh dari fitnah.
5. Memperbanyak populasi umat islam yang mana dengan semakin banyaknya jumlah populasi umat islam maka akan semakin kuat.
6. Merealisasikan cita-cita Rosululloh Shollallohu 'alai wasalam untuk membanggakan jumlah umatnya dihadapan umat-umat lain kelak pada hari kiamat.
7. Menjalin hubungan kekeluargaan dan memperkuat unsur-unsur kecintaan antara anggota serta mempererat hubungan kemasyarakatan sebab masyarakat yang erat hubungannya itulah masyarakat yang kuat dan sejahtera.
8. Nikah merupakan sebab banyaknya rizki dan kekayaan.
9. Melestarikan jenis manusia dengan lahirnya keturunan yang dihasilkan dari pernikahan
10. Butuhnya masing-masing suami istri kepada pasangannya berupa ketenangan jiwa, jasmaniah dan rohaniah.
11.Terwujudnya tolong menolong diantara suami istri dalam mendidik anak-anaknya dan membina serta menjaga rumah tangga.
12. Teraturnya hubungan antara laki-laki dan perempuan atas dasar saling mengorbankan hak masing- masing serta menolong dalam lingkaran kecintaan, kasih sayang dan saling menghormati.
13. Tercapainya pahala yang besar dengan bangkit memenuhi hak pasangannya dan anak-anaknya serta saling menghormati,  sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan dari Muslim :
Dari Abu Dzar Al-Ghifari ra. bahwasanya ada beberapa sahabat Rosul Shollallohu 'alaihi wasalam yang berkata kepada Nabi : Ya Rosululloh, telah pergi orang-orang yang kaya dengan membawa pahala yang berlimpah, mererka sholat sebagaimana kami sholat, mereka puasa sebagaimana kami puasa dan mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka.
Beliau menjawab : Bukankah Alloh telah menjadikan bagi kalian apa-apa yang bisa kalian sedekahkan??sesungguhnya setiap tasbih itu shodaqoh, setiap takbir shodaqoh, setiap tahmid shodaqoh, setiap tahlil shodaqoh, ammar ma'ruf nahi munkar shodaqoh dan setiap kemaluan dari kalian adalah shodaqoh."
Mereka bertanya : Ya Rosululloh, apakah saat seorang diantara kami mendatangi istrinya mendapatkan pahala??"
Beliau menjawab : "Bukankah kalian tahu kalau seandainya dia meletakannya di tempat yang haram dia akan mendapatkan dosa, maka demikan pula bila diletakkan di tempat yang halal dia akan mendapatkan pahala".
14. Sempurnanya Dien.
15. Membentengi diri dari syetan dan menolak marabahaya yang ditimbulkan oleh syahwat serta menjauhkan diri dari zina.
16. Islam telah menjadikan pernikahan sebagai ibadah sebab dengan menikah seseorang dapat menjaga dirinya dari keburukan fitnah dan dari memandang hal-hal yg diharamkan serta menjaga diri dari perbuatan zina.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...