English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Selasa, 03 Januari 2012

CARA BERBAKTI KEPADA ORANG TUA YANG SUDAH MENINGGAL

Walau pun kedua orang tua kita sudah meninggal dunia kita masih tetap harus dan wajib menghormati dan berbakti kepada keduanya. Berikut ini akan saya tulis beberapa tata cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dunia :

1. Mensholati mereka.
Yang dimaksud mensholati disini bukan cuma sebatas melakukan sholat jenazah tetapi lebih dari itu yaitu melakukan hal-hal yang sepantasnya dilakukan kepada mereka sebagaimana layaknya dalam mengurus jenazah seperti memandikannya, mensholatinya dan mengantarkan jenazahnya sampai kuburan. Bahkan jika memang memungkinkan hendaklah anak turun ke liang kubur sebagai tanda baktinya yang terakhir di dunia dalam hubungannya dengan jasmaniah.

2. Memohonkan ampunan kepada keduanya. 
Setelah orang tua dikuburkan maka yang dilakukan anak kepada orang tuanya adalah memohonkan ampun kepada Alloh SWT. Hal ini seperti dilakukan oleh Nabi Ibrohim as yang terdapat dalam Al Quran Surat Ibrohim ayat 41 yang berbunyi " Ya Tuhan Kami, beri ampun aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).  

3. Memenuhi janji dan hutang keduanya.
Janji adalah hutang dan memenuhi janji adalah sebuah kewajiban. Salah satu yang bisa menghalangi pemenuhan janji adalah kematian. Oleh karena itu jika ternyata kedua orang tua kita yang telah wafat diketahui memiliki janji kepada orang lain yang tidak sempat dipenuhinya sudah sepantasnya sebagai anak memenuhi janji itu sebagai tanda bakti kepada mereka. Alloh SWT berfirman "Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti akan dimintai pertanggungjawaban" (QS. Al-Isra : 34)   

Rosululloh shollalohu 'alaihi wasalam bersabda "jiwa orang mukmin bergantung pada hutangnya hingga hutang itu dilunasi" (HR. Tirmidzi).

4. Memuliakan teman mereka dan menjaga silaturahmi. 
Hal ini dicontohkan oleh Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam manakala istri tercintanya Khadijah meninggal dunia beliau tetap menjalin silaturahmi dengan teman-teman istrinya.

5. Menjaga silaturahmi dengan kerabat mereka. 
Salah satu perbuatan yang bisa membahagiakan orang tua di alam baqa adalah jika keturunan mereka meneruskan siltaurahmi yang telah dirintis oleh mereka semasa keduanya masih hidup terutama dengan keluarga dan kerabat.  

6. Mendoakan mereka.
Rosululloh shollallohu 'alahi wasalam bersabda "Sesungguhnya Alloh SWT benar-benar akan meninggikan derajat seorang hamba yang sholeh di surga. Sang hamba bertanya "Ya Tuhan mengapa ini terjadi padaku?" Alloh SWT berfirman "karena anakmu memohonkan ampunan untukmu". Jadi doa anak juga dibutuhkan kedua orang tua yang sudah meninggal.

7. Berbuat baik dan beramal sholeh atas nama mereka.
Seperti yang ada dalam sebuah hadits diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra bahwasanya seorang bertanya kepada Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam "Wahai Rosululloh, ibu saya sudah wafat tetapi ia tidak berwasiat apapun. Apakah ada manfaat baginya apabila saya bersedekah atas namanya" beliau menjawab "Ya" (HR. Bukhori)

8. Menjalankan wasiat mereka.
Jika orang tua sebelum wafat meninggalkan wasiat maka kewajiban anak adalah menjalankan wasiat itu sebagai bentuk baktinya kepada kedua orang tuanya. 


1 komentar:

Tambah ilmu lagi Yu...
Jazakallah khairan..

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...