English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Senin, 02 Januari 2012

WANITA YANG MAMPU MENJAGA RAHASIA

Diriwayatkan dari Aisyah ra bahwa saat istri-istri Rosul shollallohu 'alaihi wasalam tengah berada disisi Rosul shollallohu 'alaihi wasalam datanglah Fatimah ra. Ia berjalan seperti jalannya Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam, manakala Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam melihat Fatimah ra beliau menyapa "selamat datang wahai Putriku" Fatimah pun duduk disamping Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam yang kemudian membisikkan sesuatu kepadanya dan Fatimah ra langsung menangis.

Maka aku berkata kepada Fatimah ra "Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam telah telah mengistimewkan dirimu dari semua istrinya dengan mengatakan kepadamu sebuah rahasia dan engkau pun menangis" setelah Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam pergi aku bertanya pada Fatimah "apa yang telah dikatakan Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam kepadamu???"Fatimah menjawab "Aku tidak akan membocor rahasia yang dikatakan Rosululloh shollallohu 'alihi wasalam"

Setelah Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam meninggal dunia aku menanyakannya lagi pada Fatimah "Apa yang diceritakan Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam padamu dulu??" Fatimah ra menjawab "sekarang aku leluasa menceritakannya. Pada bisikan pertama, Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam mengabarkan padaku bahwa Malaikat Jibril menurunkan wahyu sekali atau dua kali dalam setahun namun sekrang ia menurunkannya dua kali "aku melihat ajalku sudah dekat, maka bertakwalah engkau (Fatimah) dan bersabarlah, engkau akan menyusulku" kata beliau. Maka aku pun menangis seperti yang engkau lihat"

Ketika Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam melihatku menangis Rosululloh kembali berbisik padaku, "Wahai Fatimah, tidakkah kau senang menjadi ibu kaum wanita mukmin atau menjadi ibu umat ini?" Maka aku pun langsung tertawa"

Dalam riwayat Muslim Fatimah berkata, Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam membisikkan padaku tentang ajalnya yang sudah dekat, maka aku langsung menangis. Kemudian beliau berbisik lagi mengabarkan bahwa aku adalah orang pertama dari keluarga yang akan menyusul Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam, maka aku pun tertawa. (HR. Muttafaqun 'alaih)

Hikmah :
1. Hadits di atas menjelaskan keutamaan Fatimah ra diantara seluruh wanita.
2. Hadits menegaskan keteguhan Fatimah ra dalam menyimpan rahasia dan penghormatannya kepada Aisyah ra hingga ia pun memberitahukan kepada Aisyah ra setelah tiba waktu yang tepat
3. Kemudian beliau berbisik lagi mengabarkan bahwa aku adalah orang pertama dari keluarga yang akan menyusul Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam, maka aku pun tertawa. Imam Nawawi menjelaskan "Fatimah senang karena akan cepat menyusul Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam ini menunjukkan sikap Fatimah ra yang lebih mementingkn kehidupan akhirat dari pada dunia"
4. Hadits diatas menjelaskan kepada kita tentang sikap sabar dalam menghadapi musibah dan sikap tidak berlebihan dalam menerima kenikmatan


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...