English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Senin, 09 Januari 2012

KEUTAMAAN SURAT YASIN

Dari Abu Hurairah ra Rasulullah Saw berkata: “Siapa yang membaca surat Yasiin pada malam hari karena mencari keridhaan Allah, niscaya Allah mengampuni dosanya.” (HR Ibnu Hibban).

Dari Anas ra Rasulullah Saw berkata: “Siapa yang terus menerus membaca surat Yasiin pada setiap malam, kemudian ia mati maka ia mati syahid.” (HR Ath-Thabrani).

Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang membaca surat Yasiin pada permulaan siang (pagi hari) maka akan diluluskan semua hajatnya.” (HR Ad-Damiri)

Rasulullah Saw berkata: “Siapa yang membaca surat Yasiin satu kali, seolah-olah ia membaca Al-Qur’an dua kali.” (Hadits Riwayat Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

Nabi Saw bersabda: “Siapa yang membaca surat Yasin satu kali, seolah-olah ia membaca Al-Qur’an sepuluh kali.” (Hadits Riwayat Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

Nabi Saw berkata: “Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu mempunyai hati dan hati (inti) Al-Qur’an itu ialah surat Yasiin. Siapa yang membacanya maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala membaca Al-Qur’an sepuluh kali.” (HR At-Tirmidzi dan Ad-Damiri).

Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang membaca surat Yasiin di pagi hari maka akan dimudahkan (untuknya) urusan hari itu sampai sore. Dan siapa yang membacanya di awal malam (sore hari) maka akan dimudahkan urusannya malam itu sampai pagi.” (HR Ad-Damiri)

Nabi berkata: “Bacakanlah surat Yasiin kepada orang yang akan mati di antara kamu.” (HR Abu Daud dan Ibnu Abi Syabilah)

Rasulullah Saw berkata: “Tidak seorang pun akan mati, lalu dibacakan Yasiin di sisinya (maksudnya sedang naza’) melainkan Allah akan memudahkan (kematian itu) atasnya.” (HR Abu Nu’aim)

Ma’aqal ibn Yassaar ra meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Yasiin adalah qalbu dari Al Quran. Tak seorangpun yang membacanya dengan niat menginginkan Akhirat melainkan Allah akan mengampuninya. Bacalah atas orang-orang yang wafat di antaramu.” (HR Abu Dawud).

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...