English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Senin, 02 Januari 2012

BENTUK KENIKMATAN JASMANI PENGHUNI SURGA

Begitu banyak bentuk kenikmatan yang kelak akan didapat bila kita menjadi penghuni surga. Berikut ini bentuk-bentuk kenikmatan jasmani yang dirasakan oleh para penghuni surga :

1. Para penghuni surga makin hari makin bertambah cantik dan tampan dengan pakaian yang juga semakin indah. Sebagaimana sabda Rosul shollallohu 'alaihi wasalam "Di dalam surga terdapat sebuah pasar yang didatangi penduduk surga setiap hari jumat. Angin bertiup dari sebelah kanan menyentuh muka dan pakaian mereka, menyebabkan muka dan pakaian mereka bertambah cantik/tampan dan indah. Ketika mereka pulang kerumah, didapatinya istri mereka bertambah cantik dan indah. Kata mereka kepada istrinya " Engkau sungguh-sungguh tambah cantik dan pakaianmu bertambah indah sepeninggalku" kemudian istrinya menjawab "Engkau juga, demi Alloh sungguh tambah tampan dan pakaianmu tambah indah sekembalimu" (HR. Muslim).

2. Surga sangatlah bersih. Demikian bersihnya sehingga penghuninya pun tidak melakukan aktivitas yang berkaitan dengan najis dan kotoran.kendati mereka makan dan minum di dalamnya. Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam bersabda "Sesungguhnya penduduk surga makan dan minum di dalamnya tetapi mereka tidak meludah, tidak kencing, tidak buang air besar dan tidak membuang ingus" Para Sahabat bertanya "bagaimana makanan yang mereka makan??" Beliau menjawab "keluar dari sendawa yang baunya harum seperti bau kasturi. Mereka selalu membaca tasbih dan tahmid sebanyak tarikan nafas mereka" (HR. Muslim).

3. Pohon-pohon di surga sangat rindang dan banyak buahnya, kebun-kebun yang indah, sehingga penghuninya menjadi tertawan hatinya bahkan mereka bebas memetik buah yang disukainya tanpa rasa khawatir karena tidak ada satu pun pohon yang berduri serta tidak habis karena dipetik. Hal ini sesuai dengan firman Alloh SWT "Dan buah-buah kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat." (QS. Rohman : 54).

Dalam ayat lain Alloh SWT berfirman "Dan buah-buahan yang banyak yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya." (QS. Al-Waqiah : 32-33).

4. Di dalam surga ada istana-istana megah yang disediakan untuk para penghuninya dan berbagi kenikmatan di dalamnya. Alloh SWT berfirman "Maha Suci (Alloh) yang jika Dia kehendaki, niscaya dijadikan-Nya bagimu yang lebih baik dari yang demikian, (yaitu) surga yang mengalir sungai-sungai dibawahnya dan dijadikannya (pula) untukmu istana-istana" (QS. Al Furqan : 10).

5. Didalam surga terdapat tempat tidur/ranjang dari emas yang berderetan untuk tempat bersandar para penghuninya dan untuk landasannya disediakan bantal-bantal yang tersusun serta kasur yang empuk. Hal tersebut sesuai dengan firman-Nya "berada diatas dipan yang bertahtakan emas dan permata" (Al Waqi'ah : 15) serta firman-Nya yang lain "Dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk" (QS. Al Waqi'ah : 34).

6. Untuk makan, minum dan juga perhiasan para penghuni surga disediakan dari yang berbahan emas seperti dalam firman Alloh SWT "Diedarkan kepada mereka (penghuni surga) piring-piring dari emas dan piala (dari emas pula). Juga dalam firman-Nya yang lain Dengan membawa gelas, cerek dan minuman yang diambil dari air yang mengalir" (QS. Al Waqi'ah : 18)

7. Tidak ada kata-kata kotor dan yang tidak bermanfaat yang terucap dari bibir penghuni surga sebagaimana tercantum dalam Quran Surat Al-Waqiah ayat 25-26 yang berbunyi "Mereka tidak mendengar didalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak juga perkataan yang menimbulkan dosa. Akan tetapi mereka mendengar ucapan salam".

 8. Sungai-sungai yang mengalir di dalamnya air susu, air arak dan air madu sebagaimana dalam firman Alloh SWT dalam Quran Surat Muhammad ayat 15 yang berbunyi "Di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasanya maupun baunya, sungai-sungai yang dari arak lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring".
9. Pakaian sutra, gelang yang terbuat dari emas, perak serta mutiara yang indah menawan sebagaimana dalam Quran Surat Al-Kahfi ayat 31 "Mereka itulah orang-orang yang berhak mendapat surga 'Adn yang mengalir sungai-sungai dibawahnya. Disana mereka akan diberi perhiasan gelang dario emas, berpakaian hijau dari sutra dan sutra yang bersulam dari emas seraya berbaring diatas persada yang indah. Itulah suatu pahala yang sangat menyenangkan, suatu tempat tinggal yang sangat menyenangkan".

10. Pelayan-pelayan yang siap melayani yang akan tetap muda dan bertebaran bagaikan mutiara. Alloh SWT berfirman "Dan berkeliling disekitar mereka anak-anak muda untuk melayani mereka seakan-akan mereka itu mutiara yang tersimpan" (QS. Ath-Thur : 24).

11. Bidadari yang cantik, masih perawan dan putih kulitnya sebagai istrinya yang selalu memberi kepuasan kepada pasangannya. Firman Alloh SWT "Mereka (penghuni surga) didalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal didalamnya" (QS. Al-Baqarah : 25) dan juga dalam hadits "Apabila bidadari itu tertawa, cahaya giginya memantul ke dinding dan pohon-pohon di surga, dan cahaya surga pun menjadi bersinar. Lalu mereka mengangkat kepala  tiba-tiba bidadari itu tersenyum di hadapan suaminya".

2 komentar:

Ini membuatku bahagia.... hahahaha.. Insya Allah aku tidak akan memikirkan seberapa sulitnya hidup di dunia.

Alhamdulillah....Semoga aja blog kecil ini bs memberikan dampak kebaikan yg besar utk kita smua,salam kenal....

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...