English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Senin, 02 Januari 2012

TATA CARA BERBAKTI KEPADA ORANG TUA YANG MASIH HIDUP

Abdullah Nashih 'Ulwan dalam bukunya "Tarbiyatul Aulaad fil Islam" menyebutkan tata cara berbakti kepada orang tua yang masih hidup berdasarkan berdasarkan ayat-ayat yang ada dalam Al Quran dan hadits-hadits Nabi shollallohu 'alaihi wasalam, antara lain sebagai berikut :

1. Menaati semua perintah orang tua sepanjang perintahnya aitu tidak bertentangan dengan syariat Alloh SWT. Selain itu memperbanyak doa dan permohonan ampunan kepada Alloh SWT untuk keduanya.

2. Berbicara dengan lemah lembut, sopan, tidak mengeraskan suara dihadapan keduanya, tidak memotong perkataan keduanya, tidak mengatakan kata-kata yang menyinggung perasaannya, dan tidak tertawa dihadapannya bila tidak ada hal yang mendorong untuk tertawa.

3. Memelihara kehormatan, kemuliaan dan hak-hak keduanya. Berdiri untuk menghormati kedua orang tua saat keduanya menemui anaknya dan mencium tangan keduanya pagi, sore atau pada momen-momen tertentu.

4. Melakukan ha;-hal yang bisa membahagiakan kedua orang tua tanpa diperintah terlebih dahulu degan memuliakan keduanya, memberikan apa yang diminta oleh keduanya serta selalu memenuhi segala kebutuhan dan keperluannya.

5. Lebih mementingkan kedua orang tua dari pada orang lain, seperti bermusyawarah dengan keduanya dalam setiap pekerjaan atau permasalahan dari pada kepada orang lain. Apabila diberikan nasihat-nasihat jangan pernah merasa bosan dan jemu.

6. Jika keduanya sedang menerima tamu hendaknya kita duduk di dekat pintu dan selalu memandang ke arah keduanya karena barangkali kedua orang tua kita akan memerintahkan sesuatu. Apabila sedang bertamu tidak masuk dahulu dari pada keduanya atau berjalan di hadapan keduanya. Jika akan keluar rumah senantiasa meminta izin terlebih dahulu kepada keduanya dan tidak keluar rumah apabila keduanya belum mengizinkan.

7. Tidak memakan makanan yang berada persis dihadapan keduanya, tidak mengambil dan memakan makanan yang sedang dilihat keduanya sebelum keduanya mengambil.

8. Tidak mencela keduanya bila mereka mengerjakan sesuatu yang kurang menyenangkan dan menghormati teman-teman keduanya baik ketika keduanya masih hidup atau pun sudah meninggal dunia.

9. Tidak tidur, berbaring dan menjulurkan kaki dihadapan keduanya ketika keduanya sedang duduk kecuali keduanya mengizinkan, tidak mengganggu keduanya jika sedang tidur adan tidak menaiki tempat yang lebih tinggi dari pada tempat keduanya.

10. Memenuhi panggilan keduanya dengan segera dengan tidak memanggil keduanya dengan namanya melainkan dengan mengatakan "wahai ayah, wahai ibu atau panggilan lain yang mengandung unsur penghormatan kepada keduanya". 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...