English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Senin, 02 Januari 2012

ROSULULLOH SAW MENITIPKAN SHOLAT DAN ORANG-ORANG LEMAH

Ketika melaksanakan haji wada, Rosulullóh SAW menerima wahyu, “…Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku cukupkan kepadamu ni’mat Ku, dan telah Ku ridlai Islam itu jadi agama bagimu….”. (al Maidah : 3). Ada diantara para sahabat yang merasa gembira, sebab bimbingan dari Allóh telah lengkap. Namun tidak sedikit pula yang menangis merasa sedih, karena hal itu berarti saat-saat Rosul bersama mereka akan segera berakhir.

Tidak lama setelah sampai di Madinah, beliau menderita sakit. Pada saat itulah, beberapa menit sebelum dipanggil Allóh, beliau berwasiat yang digambarkan oleh para ahli hadits sebagai inti dan misi ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Wasiatnya itu sangat pendek, “Ash sholatu, ash sholatu, ash sholatu wa má malakat aimánukum”. Tidak lama setelah itu Rosulullóh dipanggil Allóh, wafat meninggalkan keluarga dan umat Islam seluruhnya.

Aku titipkan sholat, sholat, sholat dan orang-orang yang lemah”. Para ahli hadits mengabadikan wasiat ini sebagai inti dan misi ajaran Islam. Sholat melambangkan bentuk hubungan antara hamba dengan Allóh secara langsung, dan menolong orang yang lemah mempresentasikan hubungan antar manusia.

Dalam surat Ali Imrón ayat 112, Allóh berfirman, “Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika sukses berpegang kepada tali Allóh – Hablum minallóh, dan menghubungkan diri dengan baik sesama manusia – Hablum minannás”.

Kalau kita rajin menginventarisir ayat demi ayat dalam al Quran dan hadits demi hadits dari Rosul, maka akan nampak bahwa intisari ajaran Islam itu sebenarnya hanya ada dua, yaitu hubungan yang baik dengan Allóh dan hubungan yang baik dengan sesama  manusia. Ajaran ini dinyatakan oleh Islam sebagai ibadah. “Dan tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Ku”. Ibadah sebagai tugas hidup manusia ini meliputi hablum minallóh dan hablum minannás termasuk lingkungan atau alam semesta.

Siti Aisyah ra, salah seorang istri Rosul SAW pernah menyampaikan informasi tentang seorang wanita, “Ya Rosulallóh, di kampung sana sana ada seorang wanita, dia rajin sholat, tidak pernah meninggalkan shaum dan tiap tahun selalu menunaikan ibadah haji, selalu bersalawat untukmu dan keluargamu. Barangkali wanita itulah Ya Rosul contoh manusia yang dijamin masuk surga?” serta merta Rosul menjawab pernyataan Aisyah itu, “Wahai Aisyah andai engkau ingin tahu contoh wanita yang akan disiksa dan mendapat adzab Allóh, dialah wanita itu!”

Aisyah sangat terkejut dan berkata: “Wahai Rosul, bagaimana mungkin! Wanita itu bukan saja selalu melaksanakan sholat lima waktu, tetapi juga bangun di akhir malam untuk tahajud. Dia selalu shaum tidak hanya di bulan Ramadlan, tapi juga shaum sunat Senin dan Kamis juga enam hari di bulan Syawwal. Dia juga selalu menunaikan ibadah haji setiap tahunnya. Dia selalu bersalawat untukmu dan keluargamu”.

Aku tahu, wanita itu rajin sholat, shaum, ibadah haji, berdzikir dan berdo’a secara terus menerus. Tetapi aku juga tahu kalau wanita itu tidak pernah akur dengan tetangganya”.
Hubungan vertical dengan Allóh dapat dijaga dengan baik, tetapi hubungan horizontal dengan sesama manusia tampaknya tidak dilakukan oleh wanita itu. Indikasi keislaman seseorang tampak dari hubungan dengan Allóh dan hubungan dengan sesama manusia yang baik. Bentuk tertinggi dari hubungan dengan Allóh adalah sholat yang kita lakukan setiap hari. Sehingga Rosulullóh SAW berulang kali bersabda, “Kalau kalian ingin berusaha menghapus dosa, perbanyaklah sholat. 

Jika kalian ingin memperbanyak pahala di sisi Allóh, perbanyaklah sholat. Ketika kamu sedang menghadapi keadaan yang gelisah dan bimbang dalam hidup, dirikanlah sholat. Ketika kalian sedang menghadapi suatu persoalan dan tidak bisa mengambil keputusan, dirikanlah sholat yang disebut sholat istiharah”. Sholat merupakan bimbingan rutin hidup setiap muslim.
Sholat mendapat perhatian yang sangat luar biasa dari agama Islam, sehingga Rosul pernah mengatakan, “Batas pemisah antara umat Islam dan orang kafir adalah sholat”. Oleh karena itu, wasiat terakhir Rosulullóh kepada kita adalah sholat.

PESAN kedua dari wasiat Rosulullóh SAW menjelang wafatnya adalah menolong orang lemah – wa mámalakat aimánukum – ini juga akan kita temukan dalam puluhan ayat al Quran. Allóh memberikan isyarat tentang keharusan menolong orang-orang lemah. Seorang ahli surga yang digambarkan al Quran bertanya kepada penduduk neraka syaqor. “Másalakakum fí syaqor?” Mengapa kalian masuk neraka Syaqor dan mendapat siksa? Penghuni neraka Syaqor itu menjawab, kesalahan kami cuma dua, ketika kami hidup di dunia, “Lam nakun minal mushollín” tidak siap melaksanakan sholat, wa lam nakun nut imul miskín!” dan yang kedua, kami tidak sempat menolong orang-orang miskin”.

Nabi bersabda, ‘Berikan upah kepada pegawaimu sebelum keringatnya kering. Berikan makan kepada pembantumu apa yang kamu biasa makan. Dan perlakukan anak-anak yatim sebagaimana kamu memperlakukan anakmu sendiri”.

Dua hubungan ini merupakan bentuk-bentuk tertinggi, hablum minallóh yang dicerminkan di dalam sholat. Dan bentuk tertinggi hablum minannás adalah menolong orang-orang lemah. Mudah-mudahan Allóh memberikan hidayah dan petunjuknya kepada kita untuk dapat melaksanakan dua misi Islam yang paling penting ini.

Sekali lagi, wasiat Rosulullóh SAW yang terakhir setelah melaksanakan haji wada itu adalah; “Pelihara sholat, jangan tinggalkan sholat, lakukan sholat secara kontinyu lagi baik. Kalau Rosulullóh setiap harinya melaksanakan sholat itu tidak kurang dari 40 rakaat; 17 rakaat sholat wajib, 10 rakaat sholat rowatib, 11 tahajud dan witir, dan 2 rakaat syukrul wudlu. Maka paling tidak kita tidak boleh meninggalkan sholat wajib yang 17 rakaat.  Wallahu a’lam.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...