English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Kamis, 19 Januari 2012

CATATAN AMAL MANUSIA

Hari kiamat pastilah ada dan hanya Alloh lah yang mengetahui tentang datangnya hari itu bahkan para malaikat penjaga Arasy hingga Jibril yang begitu dekat dengan Alloh pun tidak tau,walau pun kita tidak tahu kapan datangnya kiamat itu kapan namun sebagai umat yang berpegang teguh pada Islam kita wajib meyakini datangnya hari kiamat karena yakin kepada hari Kiamat termasuk dalam, rukun Iman.

Seperti dalam Al Quran Surat Yasiin ayat 29 "Tiada siksaan atas mereka melainkan dengan satu teriakan saja maka tiba-tiba mereka semua mati". Begitu dahsyatnya kiamat sampai-sampai pada saat Rosululloh shollallohu 'alaihi wasalam  menceratakan tentang hari kiamat para sahabat menangis dan ketakutan.

Lalu bagaimana dengan amal kita???? 
Okay disini saya akan mengupas sedikit tentang catatan amalan yang telah kita perbuat sehari-hari sesuai dengan pegangan kita yaitu Al Quran, Al Hadist dan beberapa pendapat para 'ulama tentang catatan amalan, semoga saja bisa bermnfaat untuk kita smua,amiin.....

Diriwiyatkan dari Abu Dzarain r.a bahwa Rosululloh bersabda "Tidak ada bagimu seorang mukmin kecuali baginya disertai lembaran baru setiap hari, apabila lembaran itu ditutup dan tidak ada bacaan istighfar maka gelaplah lembaran tersebut dan bila lembaran tersebut telah ditutup tapi didalamnya ada bacaan istighfar maka bersinarlah lembaran tersebut".

Imam Al Faqih berkata "Tidak ada seorang pun didunia kecuali pada dirinya disertai 2 malaikat yang diberi tugas oleh Alloh SWT untuk menjaganya di waktu siang dan mlm hari serta menulis semua amal perbuatannya baik amal yang baik maupun amal yang buruk, yang besar ataupun yang kecil dan menulis pahala ataupun dosa atas smua perbuatan kita".

"Dan sesungguhya padamu semua terdapat malaiakat penjaga yang mulia dan sebagai penulis (amal perbuatan). Mereka (Malaikat) mengetahui apa yang kalian lakukan" (QS. Al Infithor : 10 - 12)

Lembaran amal tersebut tiap hari siang dan malam diangkat kemudian setiap tahun di kumpulkan pada malam Sya'ban. Bila telah tiba ajal seorang manusia di kumpulkanlah semua lembaran-lembaran amal kita dalam sebuah buku perjanjian dan bila roh seorang manusia telah keluar dari jasadnya maka ditutuplah buku amal tersebut kemudian dikalungkan pada lehernya dalam kuburnya. 

Seperti Firman Alloh dalam QS. Bani Israil ayat : 13 "Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya pada lehernya masing-masing". Maksud dari ayat tersebut adalah Alloh telah mengalungkan buku catatan amal tersebut pada leher masing-masing manusia. 

Kenapa diletakkan pada leher????? 
Karena leher adalah tempat kalung dan sebagian dari perhiasan, apa yang menghias entah baik ataupun buruk. Kemudian Alloh SWT mengeluarkan dan memberikan kitab catatan amal kita pada hari kiamat kepada manusia dan dikatakan kepada manusia "Bacalah kitabmu yang telah engkau isi pada waktu didunia dan cukuplah dirimu yang menghitungkan amal perbuatanmu sendiri".

Bagi orang yang bertakwa kitab amalnya diberikan dengan tangan kanannya dan bila orang tersebut durhaka kepada Alloh SWT  maka diberikan melalui tangan kirinya sedang bagi orang kafir kitabnya diberikan dari punggungnya seperti dalam Al Quran Surat Al - Insyiqoq ayat 10-12 : "Adapun orang-orang yang kitabnya di berikan dari belakang maka dia akan berteriak CELAKALAH AKU dan dia akan masuk api neraka yang menyala-nyala."

Lalu bagaimana penjelasan Alloh SWT untuk orang-orang yang selama hidupnya bertakwa kepada Alloh????
Alloh akan memberikan hisab yang sangat mudah untuk mereka seperti dalam Al Quran Surat Al - Insyiqoq ayat 7-9 yang artinya "Adapun orang-orang yang kitabnya diberikan dari arah sebelah kanan maka dia akan dihisab dengan mudah dan dia akan kembali kepada keluarganya dengan gembira."

Sekarang kita membahas keadaan orang-orang yang kitabnya diberikan oleh Alloh SWT dari arah kiri seperti Firman Alloh SWT dalam Al Quran Surat Al-Ma'arij ayat 25-26 yang artinya "Adapun orang yang kitabnya diberikan dari arah kirinya maka dia berkata ALANGKAH BAIKNYA JIKA KITAB ITU TIDAK DI BERIKAN DAN AKU TIDAK TAHU TERHADAP HISABAN (amal perbuatan)."

Itulah sedikit dari sekian banyak yang bisa kita renungi agar kita selalu ingat kepada ketentuan Alloh sehingga kita bisa menjadi golongan orang-orang yang bertakwa yang mana kelak akan diberikan kitab amal perbuatan dari arah kanan lalu kita mengambil kitab tersebut dengan menggunakan tangan kanan dan Alloh SWT  memberikan kasih sayang-Nya kepada kita sehingga kita diberikan kemudahan dalam penghisaban untuk kemudian menuju surga yang telah dijanjikan oleh Alloh SWT bagi hamba-Nya yang selalu bertakwa kepada-Nya ketika masih hidup di dunia,amiin amiin amiin Ya robbal 'alamiin........
Wallohu A'lam.......

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...