English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Selasa, 24 Juli 2012

WAHABI VS WAHABI (KAJIAN TAWASSUL)

Oleh : Sholeh Punya
Di antara yang sering dituduhkan kepada umat adalah syirik bertawasul, ini yang sering di lontarkan wahabi/salafi, benarkah tuduhan itu?
Mari Kita simak fatwa-fatwa dedengkot Wahabi Salafiy .... !!!

Ibnu Taimiyah Ulama Panutan Wahabi Salafiy
Membolehkan Tawasul

- Ibnu Taimiyah ditanya bolehkah bertawasul dengan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau menjawab:

أَمَّا التَّوَسُّلُ بِالْإِيمَانِ بِهِ وَمَحَبَّتِهِ وَطَاعَتِهِ وَالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَيْهِ وَبِدُعَائِهِ وَشَفَاعَتِهِ وَنَحْوِ ذَلِكَ مِمَّا هُوَ مِنْ أَفْعَالِهِ وَأَفْعَالِ الْعِبَادِ الْمَأْمُورِ بِهَا فِي حَقِّهِ . فَهُوَ مَشْرُوعٌ بِاتِّفَاقِ الْمُسْلِمِينَ وَكَانَ الصَّحَابَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ يَتَوَسَّلُونَ بِهِ فِي حَيَاتِهِ وَتَوَسَّلُوا بَعْدَ مَوْتِهِ بِالْعَبَّاسِ عَمِّهِ كَمَا كَانُوا يَتَوَسَّلُونَ بِهِ

“Ada pun bertawassul dengan beriman kepadanya (Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Salam), mencintainya, mentaatinya, bershalawat dan salam atasnya, dengan doanya dan syafa’atnya dan yang lainnya, baik bertawassul dengan perbuatannya, dan perbuatan manusia yang diperintahkan sesuai haknya. Maka, itu adalah perbuatan yang disyariatkan sesuai kesepakatan kaum muslimin, dan para sahabat bertawassul dengannya pada masa hidupnya, dan bertawassul kepada Al Abbas, pamannya, setelah kematiannya, sebagaimana dahulu mereka bertawassul dengannya).”

(Majmu’ Al Fatawa, Juz. 1, Hal. 140)

- Ibnu Taimiyah meriwayatkan kisah Abdullah bin Umar ra yg sembuh dari lumpuhnya setelah ber-istighatsah dengan memanggil nama Nabi s.a.w. Dalam kitabnya "al-Kalimut-Thayyib", cetakan Darul-Qutub Ilmiah, Beirut 1417 H ; hal. 123, ia berkata :

عن الهيثم بن حنش قال: كنا عند عبد الله بن عمر رضي الله عنهما فخدرت رجله فقال له رجل : اذكر أحب الناس إليك فقال : يا محمد فكأنما نشط من عقال

"Dari al-Haitsam bin Hanasy dia berkata :"Kami
sedang bersama Abdullah bin Umar ra, tatkala tiba-tiba kakinya mendadak lumpuh, maka seseorang menyarankan,"Sebutkan nama orang yg paling kamu cintai!" Maka Abdullah bin Umar berseru,"Ya, Muhammad." maka diapun seakan-akan terlepas dari ikatan (sembuh seketika)."

- Ibnu Taimiyah dalam sebagian kitabnya memperbolehkan tawassul kepada Nabi Muhammad s.a.w tanpa membedakan apakah Beliau masih hidup atau sudah meninggal. Beliau berkata : “Dengan demikian, diperbolehkan tawassul kepada Nabi Muhammad s.a.w dalam doa, sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi:

أن النبي علم شخصا أن يقول : اللهم إنى أسألك وأتوسل إليك بنبيك محمد نبي يا محمد إنى أتوجه بك إلى ربك فيجلى حاجتى ليقضيها فشفعه فيّ (أخرجه الترميذى وصححه).

Rasulullah s.a.w. mengajari seseorang berdoa: (artinya) “Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dan bertwassul kepada-MU melalui Nabi-Mu Muhammad yang penuh kasih, wahai Muhammad sesungguhnya aku bertawassul denganmu kepada Allah agar dimudahkan kebutuhanku maka berilah aku sya’faat”. Tawassul seperti ini adalah bagus

(fatawa Ibnu Taimiyah jilid 3 halaman 276)
******************************
*******
Vs
**************************************

Muhammad bin Abdul Wahhab
قولهم في الاستسقاء: لا بأس بالتوسل بالصالحين، وقول أحمد: يتوسل بالنبي صلى الله عليه وسلم خاصة، مع قولهم: إنه لا يستغاث بمخلوق، فالفرق ظاهر جدًا، وليس الكلام مما نحن فيه؛ فكون بعض يرخص بالتوسل بالصالحين وبعضهم يخصه بالنبي صلى الله عليه وسلم، وأكثر العلماء ينهى عن ذلك ويكرهه، فهذه المسألة من مسائل الفقه، ولو كان الصواب عندنا: قول الجمهور: إنه مكروه، فلا ننكر على من فعله؛ ولا إنكار في مسائل الاجتهاد، لكن إنكارنا على من دعا لمخلوق أعظم مما يدعو الله تعالى، ويقصد القبر يتضرع عند ضريح الشيخ عبد القادر أو غيره، يطلب فيه تفريج الكربات، وإغاثة اللهفات، وإعطاء الرغبات

“Pendapat mereka tentang masalah Istisqa’: tidak apa-apa bertawassul dengan orang-orang shalih. Pendapat Imam Ahmad: Bertawassul hanya khusus dengan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Bersamaan ucapan mereka: tidak dibolehkan istighatsah (meminta pertolongan) dengan makhluk, dan perbedaannya sangat jelas (antara bertawassul dengan istighatsah, pen), dan ini bukanlah perkataan yang sedang kami bahas.

Kebanyakan Ulama melarang itu dan memakruhkannya, dan masalah ini termasuk permasalahan fiqih. Pendapat yang benar menurut pandangan saya adalah pendapat jumhur (mayoritas) ulama, bahwa hal itu (tawassul dengan orang shalih) adalah makruh. Kami tidak mengingkari orang yang melakukannya, dan tidak ada pengingkaran dalam permasalahn ijtihad. Tetapi yang kami ingkari adalah orang-orang yang lebih mengagungkan permintaan kepada makhluk dibanding kepada Allah Ta’ala, bertadharru’ (merendahkan diri) kepada kuburan, seperti kuburan Syaikh Abdul Qadir Jaelani dan lainnya, berkeluh kesah atas kesulitan di kuburnya, meminta tolong atas rasa dukanya, dan meminta pemberian berbagai keinginannya.

(Fatawa wa Masail, Hal. 68-69, Mausu’ah Ibn Abdil Wahhab)
_______________________________________________________________________

Muhammad Nashiruddin Al-Albani

ومن هنا يتبين أن قول بعض الدعاة الإسلاميين اليوم في الأصل الخامس عشر من أصوله العشرين : ( والدعاء إذا قرن بالتوسل إلى الله بأحد من خلقه خلاف فرعي في كيفية الدعاء وليس من مسائل العقيدة ) ليس صحيحا على إطلاقه لما علمت أن في الواقع ما يشهد بأنه خلاف جوهري إذ فيه شرك صريح كما سبق. ولعل مثل هذا القول الذي يهون من أمر هذا الانحراف هو أحد الأسباب التي تدفع بالكثيرين إلى عدم البحث فيه وتحقيق الصواب في أمره مما يؤدي في نهاية المطاف إلى استمرار المبتدعين في بدعهم واستفحال خطرها بينهم

Dari sini (maka) jelaslah bahwasanya ucapan sebagian da'I islam pada hari ini yaitu (tepatnya) pada Ushul 15 dari Ushulnya yang 20: (dan do'a jika disertai dengan tawassul kepada Allah dengan salah satu makhluknya adalah (termasuk) ke dalam khilaf furu'iyah didalam cara berdo'a dan bukanlah termasuk masalah aqidah) tidaklah benar secara mutlak karena telah diketahui pada kenyataannya (hal itu dapat) disaksikan sebagai (masalah yang termasuk) khilaf yang asasi karena didalamnya terdapat syirik yang jelas.

Barangkali ucapan ucapan yang meremehkan penyimpangan inilah sebagai salah satu sebab yang mendorong banyak orang orang menghilangkan pembahasan didalam (masalah ini) dan penelitian (masalah yang benar) tentangnya yang pada akhirnya mengakibatkan ahli bid'ah meneruskan bid'ah mereka dan meneruskan akibat buruk diantara mereka.

(At Tawassul, Anwa'uhu, wa Ahkamuhu (135). Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani. Maktabah Syamilah)
_______________________________________________________________________

Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan

Mengharamkan tawassul dengan para Nabi dan wali, bahkan mereka mengatakan tawasul termasuk salah satu perbuatan syirik.

(Sholeh ibn Fauzan, at Tauhid, h.70 dan Abu Bakar Al Jazairi, Aqidah al Mukmin, h.144)

Dalam kitab Al Muntaqi Min Fatawa Al Fauzan Juz 8 Hal 2 Versi Syamilah Sholeh ibn Fauzan berkata :
Tawasul Adalah MUSYRIQ AKBAR dan barang siapa shalat di belakangnya (ma’mum) maka Shalatnya Tidak Sah

فالذي يتَّخذ التوسُّل بالصَّالحين أو الأولياء أو الأموات على ما اعتاده عبَّاد القبور اليوم، ويستعمل هذا، أو يدَّعي أنَّ هذا أمر جائز؛ فهذا لا تصحُّ الصلاة خلفه؛ لأنه مختلُّ العقيدة، وإذا كان يتوسَّل بالصَّالحين؛ بمعنى أنه يطلُبُ منهم الحوائج وتفريج الكربات وينادي بأسمائهم ويستغيث بهم؛ فهذا مشركٌ الشِّرك الأكبر المخرج من الملَّة؛ فليس بمسلم، فضلاً عن أن يتَّخذ إمامًا لمسجد

*************************
Lihatlah kekejian Fatwa Dedengkot Wahabi Satu Sama lain salim semprot bahkan sampai tahap pengkafiran

* Ibnu taimiyah Ulama’ panutan Wahabi “membolehkan Tawasul” beliau mengatakan " Tawasul Adalah perbuatan yang disyariatkan sesuai kesepakatan kaum muslimin tanpa membedakan apakah apakah Tawasul Nabi Saw Atau Para Auliya' masih hidup atau sudah meninggal...!!!

* Si Wahabi (( Muhammad bin Abdul Wahab , Al Bani , Sholeh Fauzan )) berkata: "Tawasul Adalah Musyriq “

Hadeeeeeeeeeeeeeeeh ...!!!

1 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...