English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Selasa, 04 September 2012

MEMBACA AL QURAN DI DEKAT QUBUR/MAKAM DENGAN MAKSUD MEMBERIKAN MANFAAT BAGI MAYIT ITU BOLEH

 
Membaca Al Quran dekat qubur/makam dengan maksud memberi manfaat bagi mayit itu boleh dan tidak apa apa,dan dengannya telah berjalan para fuqoha:
 
1). TELAH menetapkan pemuka madhab hanafi di antaranya Syaikh Badruddin al aeni dalam kitab al binayah syarh al hidayah 3/306,beliau berkata:

" لابأس بقراءة القرآن عند القبور"
:Tidak apa apa membaca Alquran di samping quburan

Dan berkata Ibnu abidin dalam kitab hasiyahnya 2/246:

: "لا يكره الجلوس للقراءة على القبر على المختار" ا.هـ.
: Dan tidak makruh duduk untuk membaca Alquran dekat qubur menurut qaul yang di pilih.
 
2). Telah menetapkan Madhab Maliki,di antaranya Syaikh al mahdi al wazani dalam kitab nawazil as sugro 1/166:

: "وأما القرءة على القبر فنصُّ ابن رشد في: "الأجوبة"، وابن العربي في: "أحكام القرآن" له، والقرطبي في: "التذكرة" ـ على أنه ينتفع به بالقراءة، أعني: الميت، سواء قرأ في القبر أو قرأ في البيت" 1
: Adapun Membaca Alquran dekat qubur maka tekah mencatatkan Ibnu Rusy dalam al ajwibah dan Ibnu arobi dalam ahkam alquran dan Al Qurtubi dalam at tadzkiroh bahwa bermanfaat bagi mayit dengan bacaan tersebut,apakah di baca di dekat qubur ataupun di rumah.
 
3). Telah menetapkan madhab Syafiiyah,di antaranya Imam An nawawi dalam majmu syarh al muhadab 5/286:

: "ويستحب أن يقرأ من القرآن ما تيسر ـ أي: عند القبر ـ، ويدعو لهم عقبها، نصَّ عليه الشافعي، واتفق عليه الأصحاب
:Dan di anjurkan di bacakan sesuatu dari AL QURAN apa yang mudah yakni dekat qubur dan berdoa utk mayit setelahnya,tela mencatatkan atas hal itu imam As syafii dan sepakat dengannya ashab syafii.

4). Telah menetapkan Madhab Hambali,di antaranya Imam Ibnu Muflih dalam kitab almubdi 2/81:

"ولا تكره القراءة على القبر وفي المقبرة في أصح الروايتين، هذا المذهب
: Dan tidak di makruhkan membaca Alquran dekat qubur atau di pekuburan menurut lebih sohihnya dua riwayat,ini adalah pendapat madhab.

Dan adapun dalilnya adalah di antaranya:

1). hadis Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma, ia berkata :


مَرَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقَبْرَيْنِ فَقَالَ إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنْ الْبَوْلِ وَأَمَّا الْآخَرُ فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ ثُمَّ أَخَذَ جَرِيدَةً رَطْبَةً فَشَقَّهَا نِصْفَيْنِ فَغَرَزَ فِي كُلِّ قَبْرٍ وَاحِدَةً قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ لِمَ فَعَلْتَ هَذَا قَالَ لَعَلَّهُ يُخَفِّفُ عَنْهُمَا مَا لَمْ يَيْبَسَا

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melewati dua buah kuburan. Lalu Beliau bersabda,”Sungguh keduanya sedang disiksa. Mereka disiksa bukan karena perkara besar (dalam pandangan keduanya). Salah satu dari dua orang ini, (semasa hidupnya) tidak menjaga diri dari kencing. Sedangkan yang satunya lagi, dia keliling menebar namiimah.” Kemudian Beliau mengambil pelepah basah. Beliau belah menjadi dua, lalu Beliau tancapkan di atas masing-masing kubur satu potong. Para sahabat bertanya,”Wahai, Rasulullah. Mengapa Rasul melakukan ini?” Beliau menjawab,”Semoga mereka diringankan siksaannya, selama keduanya belum kering.”[HR BUKHARI dan Muslim ]

Berkata Imam Al khotobi : dalam kitab umdatul qori 3/118

"فيه دليل على استحباب تلاوة الكتاب العزيز على القبور؛ لأنه إذا كان يرجى عن الميت التخفيف بتسبيح الشجر فتلاوة القرآن العظيم أكبر رجاء وبركة
 
: DALAM HADIS ITU merupakan dalil atas sunnahnya membaca Alquran dekat quburan karena ketika di harapkan adanya keringan dari mayit dengan tasbihnya pohon maka bacaan Al quran itu lebih besar lagi harapan dan berkahnya.

Berkata Imam An Nawawi dalam syarh muslim 3/260:

"واستحب العلماء قراءة القرآن عند القبر لهذا الحديث؛ لأنه إذا كان يرجى التخفيف بتسبيح الجريد فتلاوة القرآن أولى" ا.هـ.
;Dan telah mnganjurkan para ulama untuk membaca Alquran di samping qubur dengan hadis ini karena ketika di harapkan adanya keringanan dengan tasbihnya pelepah basah,maka dengan pembacaan quran itu lebih utama.

2). Hadis Riwayat Imam At Thobroni dalam mujam alkabir 19/220 no hadis 491 hadis dari Abdurrohman bin al ala bin allajlaj,beliau berkata,telah berkata kepadaku bapak ku:

: (يا بني إذا أنا مِتّ فالحد لي لحداً، فإذا وضعتني في لحدي فقل: بسم الله وعلى ملة رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم سُنّ التراب عليَّ سَنَّاً، ثم اقرأ عند رأسي بفاتحة البقرة وخاتمتها، فإنني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ذلك)
(Wahai anakku apabila aku mati maka buatkanlah untuku liang lahat, maka apabila kalian memasukan ke dalam liang lahatku maka bacalah bismillah wa ‘ala millati rasulillah lalu taburkanlah tanah kepadaku satu taburan, lalu bacakanlah dekat kepalaku awal Al-Baqarah dan akhir Al-Baqarah. Karena sesungguhnya aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berbicara demikian)”.

Berkata Al haitsami dalam majma zawaid 3/44:

: "رواه الطبراني في: "الكبير" ورجاله موثوقون"
;Telah meriwayatkan At thoroni dalam alkabir dan Rowinya TSIQOH SEMUA.

Hadis tersebut di riwayatkan juga oleh al baihaqi dalam As sunan 4/93 dengan no hadis 7068.

Berkata Imam Nawawi dalam al adzkar 278 cet dar al minhaj:

: "وروينا في: "سنن البيهقي" بإسناد حسن أن ابن عمر استحب أن يُقرأ على القبر بعد الدفن أول سورة البقرة وخاتمتها"


: dan kami meriwayatkan dalam sunan al baihaqi dengan sanad hasan bahwa Ibnu Umar mensunnahkan untuk di bacakan di atas qubur setelah di pendam awal dan akhir surat al baqoroh.
Dan berkata Ibnu Allan dalam futuhat Ar robaniyah 4/194:

: "قال الحافظ ـ يعني ابن حجر ـ بعد تخريجه: هذا موقوف حسن"
;Berkata alhafidz yakni Ibnu hajar setelah mengeluarkannya: ini hadis mauquf hasan.

Pengamalan hal itu merupakan amalan yang mashur


Berkata Ibnu hilal dalam kitab nawazilnya:

: "وبه جرى عمل المسلمين شرقاً وغرباً، ووقفوا على ذلك أوقافاً، واستمر عليه الأمر منذ أزمنة سالفة"
;Dan denganya telah berjalan amalan muslimin dari timur sampai barat dan hal itu terus berjalan dari zaman ke zaman
Berkata al hafid as sayuti dalam syarhus sudur 403;

"وأخرج الخلال في: "الجامع" عن الشعبي قال: "كانت الأنصار إذا مات لهم الميت اختلفوا إلى قبره يقرؤون له القرآن" ا.هـ.
;Telah mengeluarkan al kholal dalam aljami dari as sya'bi,beliau berkata;Para sahabat An shar ketika ada yang wafat mayit dari mereka,mereka bergantian ke quburnya untuk membacakan quran padanya.

هذا والله أعلم.sufi muda....:)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...