English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ Belajar Dan Berbagi Ilmu Serta Nasehat Untuk Mempererat Ukhuwah Islamiyah
free counters

Jumat, 28 September 2012

10 CARA BERBAKTI ANAK KEPADA IBU BAPAK SAAT BELIAU SUDAH UZUR

Setiap anak wajib berbakti dan mentaati ibu bapak dengan tujuan membahagiakan kehidupan beliau melalui hari tua. Islam meletakkan kedudukan ibu bapak pada kedudukan yang sangat mulia. Banyak cara untuk berbakti kepada ibu bapak. Bisa saja melalui bentuk material dan kasih sayang karena ini sesuai dengan bentuk fisik ibu bapak yang tambah tahun semakin tua otomatis memerlukan perhatian yg lebih.

Sebenarnya cara untuk menunjukkan bakti anak kepada ibu bapaknya sangat banyak namun setidaknya saya menulisnya 10 hal yang perlu dilakukan setiap anak kepada bapak ibunya :

1. Memberi nafkah.
Ketika faktor usia ibu bapak yang sudah teramat tua renta beliau tidak dapat lagi melakukan tugas sehari-hari. Kalau pun kerja tapi tidak cukup untuk untuk menampung kebutuhan keluarga yang semakin meningkat. Justru disinilah menjadi tanggung jawab anak memberi nafkah atau bantuan secara material kepada ibu bapak. Memang uang yang kita berikan sangat tidak sebanding dengan yang dibelanjakan ibu bapak untuk membesarkan, mendidik dan merawat kita dari kecil sampai dewasa tapi setidaknya bantuan uang yang kita berika kepada beliau bisa untuk meringankan kebutuhan hidup ibu bapak kita.

2. Menyediakan tempat tinggal.
Sudah sepatutnya dan menjadi tanggung jawab kita sebagai anak menyediakan tempat tinggal untuk ibu bapak manakala beliau sudah uzur. Yang lebih baik lagi adalah jika ibu bapak dibawa tinggal bersama kita agar kita juga bisa menjamin keselamatan dan keperluan harian beliau diuruskan dengan cara yang lebih baik.

3. Memberikan kasih sayang.
Kita wajib memberikan cinta dan kasih sayang kita kepada ibu bapak sebagai balasan atas perjuangan mereka mencurahkan kasih sayang kepada kita sejak kita masih dalam kandungan ibu sampai kita dewasa. Kasih sayang ibu dan bapak tidak pernah padam terhadap anaknya. Jadi sudah seharusnya kasih sayang itu dibalas dengan sebaik-baiknya.

Anak yang baik tidak akan melupakan jasa cinta dan kasih sayang kedua ibu bapaknya. Anak yang sholeh/ah senantiasa memohonkan kepada Alloh agar ibu bapak mereka diberikan ampunan dan rahmat dari Alloh.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran Surat Al - Isra ayat 24 yang berbunyi "Wahai Tuhanku curahkanlah rahmat kepada mereka berdua sebagaimana mereka mencurahkan kasih sayang, memelihara dan mendidikku ketika kecil".

4. Memberi perhatian.
Ibu bapak yang diabaikan akan merasa kesunyian dan kesepian. Mereka tersisih seperti tidak dipedulikan. Hal ini memberi tekanan perasaan dan menyebabkan kemurungan. Keadaan seperti ini jika diteruskan akan memberi pengaruh kepada kesehatan dan mental ibu bapak.

Banyak ibu bapak yang disisihkan dan dititipkan di pantai-pantai jompo. Sangat sukar diterima akal jika mereka beranggapan bahwa mereka tidak bisa menjaga dan merawat ibu bapak mereka dengan baik sehingga mereka merasa pantai jompo adalah tempat yang sangat cocok untuk kedua orang tua mereka. 

5. Memenuhi permintaan.
Ibu bapak seringkali memerlukan bantuan anak untuk melaksanakan keperluan mereka. Permintaan itu mungkin saja bisa dalam bentuk uang, tenaga dan waktu. Memenuhi permintaan ibu bapak haruslah lebih diuatamakan daripada melakukan tugas lainnya karena sesungguhnya memenuhi permintaan kedua orang tuanya adalah lebih baik dibanding melakukan sholat sunat, puasa sunat dan yang lainnya.

Keutamaan berbakti kepada ibu bapak lebih utama dari jihad di medan perang sebagaimana dalam hadits yang diriwiyatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim "Ibnu Umar berkata: "saya telah bertanya kepada Nabi Muhammad apakah perbuatan yang disukai Alloh?" lalu baginda bersabda "Sholat pada waktunya". Kemudian apa? saya tanya lagi. Jawab baginda "Berbakti kepada kedua orang tua". Kemudian saya bertanya "apalagi". Jawab baginda "jihad dijalan Alloh".

6. Melakukan apa yang disukai.
Ibu bapak sudah tentu mengharapkan anaknya melakukan sesuatu yang baik dalam pandangan mereka. Melakukan perbuatan yang tidak disukai oleh ibu bapak bisa berarti kita mendurhakai mereka sedangkan anak yang durhaka kepada ibu bapaknya tidak akan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya. Siapa yang durhaka kepada ibu bapaknya maka akan disegerakan balasan didunia dan tidak akan lepas dari balasan akhirat,na'udzubillah....

Rosululloh bersabda "Dua kejahatan yang disegerakan balasan didunia adalah zina dan durhaka kepada ibu bapak" (HR. Tirmidzi).

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Al Hakim "Semua dosa akan ditangguhkan Alloh yakni balasannya menurut kehendak-Nya hingga hari kiamat kecuali balasan mendurhakai kepada ibu bapak. Maka sesungguhnya Alloh menyegerakan balasan kepada pelakunya pada masa hidupnya sebelum mati".

7. Berbicara dengan lemah lembut.
Salah satu cara menjaga perasaan ibu bapak adalah dengan cara berbicara kepada beliau dengan perkataan yang lembut dan enak didengar jangan dengan nada yang tinggi apalagi membentak mereka dan mengatakan sesuatu yang membuat mereka marah dan sakit hati.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam Al Quran :"Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu tidak menyembah selain Alloh dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua. Jika salah seorang telah lanjut usianya atau kedua-duanya telah tua janganlah sekali-kali engkau berani berkata cis terhadap mereka dan janganlah engkau suka menggertak mereka. Tetapi berkatalah dengan sopan dan lemah lembut". (QS. Al-Isra : 23)

8. Berbagi kesuksesan dan keberhasilan.
 Ibu bapak senantiasa mengharapkan anaknya sukses dan berhasil dan anak hendaknya bersungguh-sungguh dalam meraih kesuksesan dan keberhasilan. agar bisa berbagi kebahagiaan bersama ibu bapak.

Jadi saat kita bisa meraih suatu keberhasilan dan kesuksesan entah itu mendapatkan pekerjaan, naik pangkat dan kesuksesan lainnya seharusnya ibu bapak juga dikasih tahu dan diajak bersama-sama untuk merayakan kesusksesan tersebut.

9. Meluangkan waktu bersama-sama.
Anak yang tinggal berjauhan dengan ibu bapak perlu meluangkan waktunya untuk mengunjungi ibu bapaknya. Dan ibu bapak pasti akan sangat senang jika masih diberikan kesempatan untuk bertemu dan melihat wajah anak-anaknya. Sesibuk apapun aktivitas kita sebisa mungkin harus bisa meluangkan waktu untuk menjenguk dan silaturahmi dengan kedua orang tua.


10. Mendoakan kebaikan ibu bapak.
Anak haruslah senantiasa mendoakan kebaikan untuk ibu dan bapaknya. Amalan mendoakan ibu bapak haruslah diteruskan walaupun beliau telah meninggal dunia karena doa anak yang sholeh/ah akan terus mengalir meskipun beliau telah tiada.

Rosululloh bersabda "Apabila meninggal seseorang itu maka terputuslah segala amalannya kecuali 3 perkara yaitu sedekah jariyah yang memberikan manfaat, ilmu yang memberikan kebaikan kepada orang lain dananak yang sholeh yang senantiasa mendoakan kebaikan kepada kedua ibu bapaknya" (HR. Muslim)

Kebaiakan yangn dilakukan anak kepada ibu bapak sebenarnya teramat kecil. Anak tidak akan mampu membalas jasa ibu bapak sepenuhnya biarpun mereka berbakti sepanjang hidupnya. Mari gunakan kesempatan yang ada untuk senantiasa berbuat baik kepada ibu bapak karena waktu kita untuk berbuat baik kepada beliau semakin pendek dan singkat terpotong usia yang semakin mendekati ajal.

Mungkin kita selalu melihat beliau tertawa tapi bisa saja sebenarnya beliau tidak setabah seperti kita kira. Dibalik senyumannya mungkin banyak cerita sedih yang ingin ditumpahkan kepada kita. Dibalik kesenangannya mungkin tersimpan sejuta kalut. Kita tidak tahu secara pastinya tapi jika kita berusaha lebih dekat lagi tentulah kita tahu keluh kesah mereka. Jangan bebani pikiran dan hati mereka dengan sikap kita yang cuek kepada mereka. Segeralah berikan seluruh kemampuan dan kekuatan untuk senantiasa menjadi anak yang berbakti kepada kedua orangtua.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...